Kamis, 24 November 2016

Homesick? Bye.

Halo 😀

Alamat siang.Thats my first time to join as a Blogger 😁😁
Nah skrng saya mau share nih seputas masalah homesick.


Sebagai anak perantauan, kita pastu uda ga asing sama namanya homesick. *apalagisaya* 😩😩

Perasaan homesick ini akan membuat seseorang menjadi lebih sensitif dan melankolis. Ia cenderung mendramatisir perasaan sedih yang dialaminya. Ia akan mudah merasa terisolasi, sedih, dan kosong. Selain berpengaruh pada kondisi mental kejiwaan seseorang, homesick juga bisa mempengaruhi kondisi tubuh. Seseorang yang dilanda homesick biasanya akan mudah kehilangan nafsu makan hingga menyebabkan berat badannya berkurang, selalu merasa pusing, hingga sakit perut tiba-tiba 



Yuk, kita simak serangkaian tips mengatasi homesick :
  1. Manfaatkan alat komunikasi
Saat ini teknologi sudah canggih. Terutama teknologi dalam berkomunikasi. Di mana pun kamu berada, kamu tetap bisa terhubung dengan orang-orang terkasih. Manfaatkan bonus telepon atau kuota melimpah paket data internetmu untuk menghubungi keluarga.
Daripada dipakai untuk stalking mantan, lebih baik digunakan untuk melepas rindu dengan keluarga. Bahkan kita bisa memanfaatkan wi-fi yang sekarang ini telah banyak tersedia di tempat-tempat umum. Banyak sekali aplikasi telepon dan video-call yang bisa kamu coba dengan berbagai variasinya. Meski nggak se-greget kalau bertemu langsung, tapi percayalah, mendengar suara dan melihat wajah-wajah mereka, dapat mengurangi rasa rindu yang kita rasakan.
Satu hal yang harus diingat oleh kita yang berada jauh dari keluarga, komunikasi adalah kunci terpenting untuk tetap menjaga hubungan yang baik. Dengan menjaga komunikasi, keluarga akan tahu jika suatu saat terjadi sesuatu pada kita. Jangan membuat mereka cemas dengan tiba-tiba menghilang tanpa kabar. Ingat bagaimana mereka begitu menyayangi kita. Pastikan bahwa mereka tahu kita dalam keadaan baik-baik saja.
  1. Jadikan keluarga sebagai motivasi
Keluarga adalah orang-orang yang tidak akan meninggalkan kita apapun yang terjadi. Sejak dalam kandungan, ayah dan ibu kita menjaga dengan sepenuh hati. Hingga kita dewasa, mereka merawat kita tanpa mengharapkan imbalan apa-apa.
Bukankah kita tidak akan menjadi seperti sekarang tanpa jasa mereka? Coba sekarang tanyakan kembali apa yang telah kita berikan untuk mereka. Ingatlah bahwa saat ini kita sedang berjuang. Bukan hanya untuk diri sendiri, tapi juga untuk mereka yang telah begitu banyak memberi tanpa pamrih. Semangat perjuangan itulah yang akan membuat kita tangguh. Percayalah bahwa suatu saat rindu itu akan terbayar. Kita akan pulang membawa kesuksesan yang disambut oleh senyuman mereka.
  1. Menekuni hobi
Setiap orang pasti memiliki kegemaran masing-masing. Daripada meratapi perasaan homesick yang sudah keterlaluan, cobalah untuk mengisi waktu-waktu tersebut dengan melakukan aktivitas-aktivitas positif yang kamu  seperti kamu hobi membaca, berkunjunglah ke toko buku atau perpustakaan. Mungkin sudah terlalu banyak judul buku yang menantimu. Membaca di taman juga bisa menjadi alternatif lain.
Jika kamu hobi berolahraga, lakukan jenis olahraga yang kamu senangi  dengan lebih rutin. Selain menyehatkan badan, pikiran juga pasti akan lebih positif. Ingatlah ungkapan mensana in corporesano.Jika kamu masih bingung menentukan hobi, cobalah mengingat kembali saat melakukan kegiatan apa kamu merasa itu amat menyenangkan. Kegiatan yang positif tidak hanya membantumu mengatasi rindu rumah tapi juga memberi manfaat yang tidak terduga.
  1. Berkumpul dengan teman-teman

Teman baik adalah keluarga kedua kita. Di mana pun berada, kita pasti akan membutuhkan teman. Mereka bisa saja memiliki kondisi yang sama seperti kita. Jauh dari keluarga, harus menahan rindu yang sama. Perasaan senasib tersebut akan membuat kita saling memahami.

Jangan ragu untuk menceritakan apa yang saat ini sedang kita rasakan. Teman yang baik akan selalu menjadi pendengar setia. Bukan tidak mungkin kalian akan saling bertukar cara atau menemukan cara baru yang menyenangkan untuk mengatasi rindu rumah. Selama kegiatan itu positif, menghabiskan waktu dengan teman tidak ada salahnya. Ingatlah kata Bertrand Russell bahwa the time you enjoy wasting isn’t wasted time. Lebih baik lagi jika kegiatanmu dengan teman-teman itu bisa produktif.
  1. Menulis
Pernah mendengar kata-kata bahwa menulis itu membebaskan? Yups! Jika kamu adalah orang yang lebih suka sendiri, tipe pembenci keramaian yang justru membuatmu tidak nyaman, kamu bisa menuangkan perasaan rindumu melalui tulisan. Menulis adalah bentuk penyembuhan bagi sebagian orang. Faktanya, banyak sekali tulisan yang dapat memberikan pengaruh positif bagi hidup manusia. Coba sediakan buku kosong dan pena kemudian menulislah tanpa ada batasan. Bukan tidak mungkin suatu saat hasil tulisanmu akan memberi manfaat. Bukankah orang-orang yang berhasil adalah mereka yang bisa mengubah keterbatasan menjadi peluang?
  1. Menjadi relawan

Kamu tipe orang yang berjiwa sosial tinggi? Cobalah untuk bergabung menjadi seorang volunteer. Saat ini banyak sekali komunitas-komunitas yang bisa kita ikuti. Bukankah menjadi relawan adalah suatu hal yang mulia? Selain mengatasi perasaan rindu rumah, kegiatan sosial yang kamu ikuti akan menambah pengalaman baru. Kamu akan menemukan keluarga dan teman-teman baru.

Trimakasih sudah jadi readerrrr 😁

Tidak ada komentar:

Posting Komentar